Membuat Harmoni Vokal

Membuat Harmoni Vokal dengan Melodyne
Melodyne memiliki kemampuan editing yang lebih baik daripada Band-In-A-Box. Apa benar demikian? CHIP memberikan ulasannya dan menyajikan tips dalam bentuk movie tutorial kepada Anda.
Kalau pada edisi Januari 2006 lalu Anda mempelajari pembuatan harmoni vokal dengan Band-In-A-Box, kali ini Anda akan mempelajari pembuatan harmoni vokal dengan software Celemony Melodyne yang mempunyai kemampuan lebih dalam hal editing dibandingkan Band-In-A-Box.

Melodyne

Melodyne adalah software buatan sebuah perusahaan Jerman, Celemony (http:// www.celemony.com). Saat ini software tersebut diakui sebagai software editing audio terbaik. Memang software ini bukan software audio editing multi-purpose seperti Sound Forge, Wavelab, Adobe Audition dan sebagainya yang serba bisa. Meskipun begitu, Melodyne mempunyai keunggulan dalam menangani masalah pitch dan rhythm suatu data audio.

Melodyne dapat mendeteksi nada setiap not dalam file audio bahkan bisa mengubahnya menjadi not berbeda (fungsi transpose) tanpa kelemahan. Hal ini terlihat dari kualitas hasil transpose yang tetap bagus. Kita pun dapat melakukan transpose yang ekstrim, misalnya lebih dari dua oktaf. Ini dimungkinkan berkat teknologi 'Local Sound Synthesis' yang ditemukan Melodyne

Kemampuan editing Melodyne
Kebanyakan software audio editing lainnya memang dapat membuka file audio, tetapi software itu sendiri sebenarnya 'tidak mengerti' apa isi data tersebut. Kita sebagai pemakai harus menebak sendiri, baik dari gambar waveform atau dari bunyinya, not apa yang sedang kita edit. Berbeda dengan Melodyne, saat kita membuka suatu file audio, dia akan mendeteksi nada dan ritmik file audio tersebut. Hal ini memungkinkan kita untuk memanipulasi nada maupun ritmik suatu data audio dengan sebebas-bebasnya. Kelebihan lainnya, hasil editing kita tetap mempunyai kualitas audio yang sebagus aslinya.

Berikut ini beberapa kemampuan Melodyne:
  • Menaik-turunkan nada/pitch tranpose suatu file audio baik vokal atau instrument musik secara ekstrim. Misalnya, range sampai 2 oktaf lebih dengan tetap mempertahankan karakter suara aslinya (Formant Perserving).
  • Memperbaiki nada fals yang dihasilkan vokal atau instrumen musik.
  • Mengubah vokal laki-laki menjadi perempuan atau sebaliknya (Formant Change).
  • Mengubah suara alat musik tertentu menjadi alat musik lain, misalnya suara trombone menjadi suara terompet (Formant Change).
  • Mengubah vokal atau instrumen musik menjadi bervibrasi atau sebaliknya. Yang sebelumnya bervibrasi menjadi tidak bervibrasi.
  • Mengubah transisi dari satu not ke not berikutnya sesuka kita.
  • Mengubah panjang pendek atau durasi suatu nada individual tanpa mengubah nada/pitch.
  • Mengubah ritmik file audio sehingga Anda dapat memperbaiki permainan musik yang kurang pas secara tempo (Audio Quantize).
  • Mengedit rekaman orang bicara (speech). Melodyne dapat mendeteksi setiap suku kata, sehingga memungkinkan kita melakukan editing sesuka hati.
Untuk dapat memroses file audio secara sempurna, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, yaitu :
  • Melodyne hanya dapat memroses file audio monophonic. Artinya Melodyne dapat memroses file audio yang hanya berisi satu suara, seperti vokal saja atau suara 1 saxophone saja, suara biola yang memainkan satu not saja dan lain lain.
  • File audio harus dalam keadaan 'dry' atau tanpa efek apa pun (misalnya bebas 'Reverb', 'Delay' dan sebagainya) agar proses deteksi Melodyne dapat berjalan sempurna.
Tampilan Melodyne: Software buatan Jerman ini diakui memiliki kemampuan lebih dalam hal editing dibandingkan Band-In-A-Box.

Keunggulan menggunakan Melodyne untuk membuat harmoni vokal

Pada video tutorial edisi ini dibahas bagaimana Anda memanfaatkan kelebihan Melodyne, yaitu membuat harmoni vokal. Perbedaannya dengan Band-In-A-Box dalam pembuatan harmoni vokal yang dibahas pada bulan Januari 2006 lalu adalah:
  • Kita tidak mempunyai kontrol terhadap not hasil harmoni karena Band-In-A-Box secara otomatis menentukan sendiri berdasarkan algoritma programming-nya. Sedangkan pada Melodyne, setiap not dalam harmoni bisa diatur sesuai keinginan kita sendiri. Jadi, kita mempunyai kontrol penuh atas setiap nada pada harmoni yang kita buat.
  • Harmoni vokal yang kita buat pada Melodyne tidak terbatas, bisa harmoni 8 part atau bahkan lebih. Sedangkan pada Band-In-A-Box harmoni yang kita buat hanya bisa maksimal harmoni 4 part.
  • Kualitas audio harmoni vokal lebih bagus daripada menggunakan Band-In-A-Box.
  • Hasil harmoni pada Melodyne terdengar seperti aslinya dibandingkan hasil dari Band-In-A-Box yang masih terasa agak kaku dan sintetis.

Memang proses editing dengan menggunakan Melodyne lebih lama jika dibandingkan dengan Band-In-A-Box. Hal Ini dikarenakan kita harus mengedit not satu persatu. Tetapi jika Anda ingin mendapatkan fleksibilitas dan hasil yang baik, Melodyne adalah pilihan yang tepat.

Ulasan di atas ini hanya membahas kelebihan Melodyne secara terbatas. Masih banyak kelebihan dari program ini yang belum dijelaskan di sini. CHIP akan membahasnya dilain kesempatan. Selamat berkarya.

1 comments:

vandi said...

test ting ting, success

Post a Comment