Alat Musik Sheng

Sheng

Sheng, instrumen tiup yang bersejarah lama di Tiongkok adalah instrumen yang paling awal menggunakan klep bebas di dunia dan pernah memberikan dorongan positif pada perkembangan alat musik Barat.

Tahun 1978, dari makam Zeng Houyi di Kabupaten Shuixian, Provinsi Hubei Tiongkok tergali beberapa instrumen sheng lebih 2.400 tahun silam. Ini adalah sheng paling tua yang ditemukan di Tiongkok sejauh ini.

Sejarah sheng dapat dirunut sampai lebih 3.000 tahun silam. Pada awal mula, sheng terbuat dari sejumlah pipa bambu yang bunyinya lain yang diikat dengan tali atau dirakit dengan bingkai kayu. Kemudian lambat laun ditambah dengan lembaran klep dari bambu.

Setelah Dinasti Tang, tabung sheng terbuat dari kayu, kemudian diganti dengan tembaga dan klep bambu juga diubah menjadi klep tembaga.

Setelah beridirinya RRT pada tahun 1949, instrumen musik ini terus diperbaiki sehingga bidang suaranya lebih luas.

Di antara instrumen tiup tradisional Tiongkok, sheng adalah instrumen satu-satunya yang bisa meniupkan suara harmonik. Ketika berpadu dengan instrumen lainnya, sheng dapat mengharmoniskan warna suara orkes dan memperkaya akustik orkes.

0 comments:

Post a Comment