Nine Inch Nails

Band beraliran Industrial Rock ini kembali menelurkan album baru bertitel “The Slip” (2008). Anda tentu paham bahwa industrial rock adalah jenis musik gabungan dari disko, elektronik, sampling, programing, dan dibalut raungan gitar distorsi. Pada awal-awal menulis, penulis baru mendengar 6 lagu dari album terbaru tsb. Dan penulis masih dapat merasakan semangat yang sama dari Trent Reznor, satu satunya personil band ini, mengibarkan bendera NIN selama ini.

Penulis mengenal band ini waktu wabah soundtrack film “Lost Highway” (1997, sutradara David Lynch) beredar. Disitu Trent Reznor berlaku sebagai Produser dan Komposer. Di album ini pula penulis mulai mengenal Rammstein (grup cadas asal Jerman) dan Marilyn Manson (grup Rock asal AS). NIN menyumbangkan beberapa buah lagu (salah satunya yang terkenal “Perfect Drug”) . Penulis mulai terpesona dengan jenis musik yang diusung NIN. Terasa kelam, sendu, sedikit keriangan, misterius, cepat, dan mistis. Disaat saat tertentu, jenis musik ini dapat menenangkan suasana hati. Anda akan terbawa dalam suasana yang kadang aneh, kadang murung, kadang sedih, walaupun ada lagu NIN yang “sound catching” (istilah penulis untuk musik yang mudah dan enak didengar, inspirasi : eye catching)

Yang uniknya, walau musik yang dihasilkan NIN merupakan hasil dari sampling dan programming dari Trent Reznor seorang (Trent merupakan multi-instrumentalis, kecuali drum) , tetapi ia mewujudkannya dalam penampilan panggung dengan full personil (yang masing-masing memegang dan memainkan alat musik). Dan terbukti penerjemahan dari “sound” rekaman ke “sound live performance” panggung mendapatkan perhatian yang intens dari pendengar .Penulis juga teringat gaya “mud people” – anggota NIN berlumuran lumpur—terinspirasi dari penonton yang “bermain lumpur”, dalam live performance di Woodstock 1994.

Penulis (sampai sekarang) hanya memiliki 2 album rekaman (kaset) yang berkaitan dengan NIN, yaitu OST Lost Highway dan full album “With Teeth” (Universal). Walaupun demikian, penulis agak intens mendengarkan karya Trent Reznor (NIN) dari sumber manapun, sampai pada saat sekarang. Penulis hanya luput mendengarkan album ketujuh NIN, 2008: Ghosts I–IV. Mungkin lain kali.

NIN telah menghasilkan delapan album rekaman hingga saat ini:

· 1989: Pretty Hate Machine

· 1992: Broken

· 1994: The Downward Spiral

· 1999: The Fragile

· 2005: With Teeth

· 2007: Year Zero

· 2008: Ghosts I–IV

· 2008: The Slip

0 comments:

Post a Comment